Tuesday, November 22, 2016

Bagaimana Jokowi dan Iriana Bisa Bertemu di Pelaminan?

Setiap orang pasti punya cerita unik bagaimana jatuh cinta dengan pasangan hidupnya sekarang ini. Saya sendiri penasaran dengan bagaimana Pak Jokowi jatuh cinta pada Ibu Iriana. Apakah mereka dijodohkan? Mungkin mereka bertemu secara ga sengaja karena nabrak satu sama lain seperti di tivi-tivi? Nah, maka saya pun mulai merangkum dari berbagai sumber dan menyajikannya buat para pembaca bloggerku ini. Ini kisahnya :


Tumbuh dan berkembang di lingkungan usaha kayu dan bambu membuat Jokowi jatuh cinta pada lingkungan yang satu ini. Inilah yang membuat dia memilih Fakultas Kehutanan Jurusan Teknologi Kayu di Universitas Gajah Mada. Dia bisa menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 4,5 tahun, salah satu yang lulus tercepat di jurusan yang dia ambil.

Pada tahun 1982, Joko Widodo pun memulai kisah cintanya dengan Iriana. Saat itu Jokowi masih menjadi mahasiswa semester 3, sementara Iriana masih duduk di bangku SMA kelas 3. Iriana bukanlah orang yang asing bagi Jokowi karena Iriana merupakan teman adiknya sendiri, Iid Sriantini. Saat Jokowi melihat Iriana, Jokowi pun jatuh cinta. Hal ini dikatakannya secara terang-terangan apa yang membuatnya jatuh cinta. Dia jatuh cinta pada Iriana karena 'sederhana dan ndeso banget'.

Lantas apa yang membuat Iriana jatuh cinta pada Jokowi? Iriana mengatakan bahwa sosoknya yang pintar dan tidak banyak omonglah yang membuatnya jatuh cinta. "Kelihatan pintar dan feeling saya akan jadi orang besar," katanya.

Mereka pun lantas berpacaran selama empat tahun sebelum akhirnya menikah pada 24 Desember 1986. Bekal pernikahan mereka adalah seperangkat alat sholat, tafsir Alquran, dan cincin kawin yang saat itu senilai Rp 24 ribu rupiah yang sampai saat ini masih melingkar di jari manis mereka.

Di dalam buku pernikahan mereka, ada catatan yang bertuliskan "Tidak Mau Dimadu". Catatan ini dibuat oleh Iriana untuk tidak mau dimadu dengan alasan apapun. Hal ini dibuat bukan karena ketidakpercayaan Iriana akan kesetiaan Jokowi padanya. Karena buktinya, pernikahan mereka yang sudah berlangsung hampir 30 tahun itu tetap langgeng dan jauh dari gosip.

Setelah menikah, Iriana langsung diboyong ke Aceh karena mendapat pekerjaan di sana. Di Aceh, Jokowi sering membawa Iriana jalan-jalan ke danau ataupun sekedar makan mie Aceh. Gibran Rakabumi pun dikandung ketika mereka berada di Aceh. Lalu menjelang waktu kelahiran Gibran, mereka lalu pindah ke Solo.

Akhir kata, saya juga ingin membagikan apa yang pernah disampaikan Iriana untuk mendapatkan pernikahan yang bahagia. "Biasa-biasa saja, kita jalani biasa-biasa saja. Nggak usahlah saya sampaikan harus begini begitu. Kita ya adanya seperti ini. Apa adanya mengalir," ujar wanita yang akrab disapa Ana ini.
Dari perkataan yang diucapkan oleh Iriana tersebut, inilah yang saya tangkap maknanya :
-Biasa-biasa saja (jangan menanggapi secara berlebihan ataupun berkekurangan segala sesuatu)
-Nggak usah sampaikan harus begini begitu (ga menuntut)
-Kita ya adanya seperti ini (jadilah diri sendiri)
-Apa adanya mengalir (terbuka dan jujur satu sama lain)
Entahlah, apakah kalian setuju?

sumber :
https://nasional.tempo.co/read/news/2014/07/27/078596104/jokowi-jatuh-cinta-pada-iriana-karena-ndeso
http://intisari-online.com/Unique/Others/Ulang-Tahun-Presiden-Joko-Widodo-Saat-Jokowi-Muda-Patah-Hati
http://www.tabloidbintang.com/articles/berita/sosok/14246-menengok-lagi-kisah-cinta-jokowiiriana
http://news.detik.com/berita/2649514/ketika-jokowi-iriana-tersipu-malu-ungkap-kisah-kasih-semasa-muda

No comments:

Post a Comment